Puluhan Rumah Warga Lesanpuro Terendam Banjir Akibat Meluapnya Sungai Amprong

  • Bagikan
banner 728x90

Malang,(Siaptv.Com) – Puluhan rumah di Kelurahan Lesanpuro terendam banjir yang diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah malang raya ini membuat sungai Amprong meluap pada Selasa malam (29/11/2022).

Banjir yang terjadi membawa material lumpur sehingga mengotori rumah warga sehingga pada pagi hari ini Rabu (30/11/2022) tampak warga mulai membersihkan rumah masing-masing.

Rifai,warga Perumahan Kavling Sinar Barokah merupakan salah satu korban yang rumahnya tergenang air,katanya ketinggian air yang menggenangi rumahnya sekitar 30 centimeter.

“Habis magrib banjir sudah masuk,Air dengan cepat langsung masuk ke rumah, sebelumnya sudah pernah banjir namun tidak separah ini”ungkap Rifai.

Rifai mengatakan selama 2 tahun terakhir banjir 4 kali melanda daerahnya,tetapi banjir terparah terjadi dalam dua kali.Pertama 25 November dan 29 November 2022.

Ia berharap Pemkot Malang dapat membangun tanggul atau ketinggian jalan di Perumahan dinaikan,Jarak perumahan dengan bibir sungai sekitar 300 meter.

Ketua RT 05/RW 04 Lesanpuro,Sujadi menerangkan bahwa air meluap dari sungai Amprong sejak pukul 17.00 wib.Pantaun di lokasi air terus meninggi pada pukul 19.00 wib.Intensitas hujan yang tinggi serta kiriman air dari kawasan lereng Gunung Bromo membuat debit air sungai Amprong meninggi.

“Air semakin lama semakin tinggi,ini yang terparah terakhir seperti ini tahun 1998,setelah itu belum pernah banjir seperti ini”ujarnya.

Sebagai antisipasi, beberapa warga yang rumahnya terendam banjir diminta untuk evakuasi ke rumah saudara atau tempat yang lebih aman,sebab hujan kembali terjadi pada. malang hari.(M.sol).

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90