Tahukah anda, Ada Alat Pengukur Kadar Obat dalam darah

  • Bagikan
banner 728x90

Kesehatan ( siaptv.com )  -Tahukah anda, jika tubuh seseorang akan berbeda dalam menyerap obat, dalam jumlah yang berbeda pula. Bahkan jika dua orang dengan berat, jenis kelamin, dan usia yang sama diberi dosis yang sama dari obat tertentu, kemungkinan salah satu dari orang tersebut akan mendapatkan lebih banyak obat dalam aliran darahnya daripada yang lain.

Untuk memudahkan memantau kadar obat dalam darah diciptakanlah alat sederhana oleh peneliti UCLA yang dipimpin oleh Assoc. Prof Sam Emaminejad.

Obat dalam tubuh manusia, itu berguna dan bagus saat dosisnya memang sudah tepat, akan tetapi menjadi berbahaya saat jumlahnya  berlebihan, patch microneedle adalah alat yang mrmbantu untuk mengetahui berapa besar kadar obat yang sudah ada di darah kita.

Selama ini metode pemeriksaan kadar obat didalam aliran darah manusia,  adalah dengan cara menganalisis dari sampel darah, tetapi cara ini butuh berhari untuk mendapatkan hasil.

Untuk itu saat ini sudah berbeda, ada sebuah alat baru yang dikembamgkan  di UCLA yang dipimpin oleh Assoc yaitu Profesor Sam Emaminejad.Sehingga Alat ini diberilan nama Pacth Mironeedle, sebuah alat berbadan polimer yang fleksibel dengan dismeter 6mm.

Alat ini dapat dipasangkan dibagian tubuh bagian lengan, susunan microneedles baja bagian bawahnya akan menembus lapisan atas kulit tanpa rasa sakit.Kemudian alat ini akan terpapar cairan interstitial yang ada dicelah sel – sel kulit,sehingga alat ini dapat membaca kadar obat dalam darah, sesuai dengan yang ada di aliran darah seseorang.

Tetapi UCLA bukan satu – satunya insitusi yang mengexplorasi microneedle untuk mengukur kadar obat di dalam darah,ada juga Ilmuwan di Imperial College London telah mengembangkan dari enzim yang bereaksi terhada perubahan pE dalam cairan Interstiiial dan lainnya, memang zaman semakin canggih dan pastinya teknologi semakin dikembangkan.( Red )

 

 

 

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90