Daftar Aplikasi Game Edukasi yang Aman Dimainkan Anak-anak, Latih Kecerdasan Buah Hati

  • Bagikan
banner 728x90
Rekomendasi Game Edukasi yang Cocok dan Aman untuk Anak, Asah Otak Agar Cerdas
Ilustrasi. Anak bermain game. (Dok. Freepik)


SIAPTV.COM – Bermain game selalu menjadi hal mengasyikkan bagi setiap orang tatkala merasa bosan pada waktu luang.

Pasalnya, game selalu bisa mengisi kekosongan waktu namun tetap secara interaktif mengasah otak pemainnya, tak terkecuali anak-anak.

Kendati demikian, bermain game tetap harus ada batasannya, agar tidak sampai lupa waktu sehingga melalaikan kegiatan yang lebih bermanfaat lainnya.

Utamanya bagi anak-anak, bermain game tanpa pengawasan orangtua tentunya bisa sangat berbahaya bagi pertumbuhan otak. Lambat laun pola pikirnya akan terganggu terlebih jika salah memilih game yang dimainkan.

Lantas, game apa saja yang cocok dan aman untuk anak? Simak artikel berikut hingga tuntas.

Rekomendasi Game Edukasi

Di antara bermacam jenis permainan yang dapat dijalankan pada perangkat elektronik seperti smartphone, game edukasi adalah solusi terbaik jika ingin melibatkan putra-putri Anda sebagai pemainnya.

Baca juga: Antara Youtube dan TikTok, Mana yang Lebih Boros ke Kuota Data Internet Pengguna?

Dikutip dari fullapkz.com, berikut ini daftar rekomendasi game yang bernuansa edukatif serta interaktif yang tentunya cocok untuk anak-anak.

1. Animals, Words, names of the different species,

2. Identify the different forms

3. Several colors of paint

4. Time: hours, minutes,

5. Tasting: anger, hope and joy …

6. E-12 piano pieces

7. To improve memory, reasoning

8. Play 3 in a row

9. 4 games in a row,

10. Pieces laqdaba

11. Pinball: This is the space and the feeling of athletes.

Selain kesebelas game yang tercantum di atas, sebenarnya masih banyak rekomendasi lainnya yang juga bisa diunduh secara cuma-cuma alias gratis, atau ada juga yang versi berbayar (premium).

Adapun cara mendapatkannya adalah melalui PlayStore untuk perangkat yang didukung sistem operasi Android, maupun AppStore khusus untuk pengguna Apple.

Baca juga: Cerita Pria di Thailand Dapat Hadiah PS5 Karena Berhasil Turunkan Berat Badan 10 Kg

Manfaat Game Edukasi untuk Anak

Jika menyebut kata edukasi yang tersemat pada jenis game tersebut tentu memiliki manfaat positif bagi tumbuh kembang otak anak.

Selain bisa mengasah pola pikirnya, game edukasi juga bisa memantik kreativitas putra-putri Anda dalam menginisiasi pemecahan masalah melalui tantangan yang disuguhkan game tersebut.

Beberapa hal positif lainnya mengenai manfaat game edukasi bagi anak antara lain;

1. Memperkuat Memori Anak

Lazimnya tantangan dalam game selalu disajikan secara kontinyu dan membentuk misi tertentu. Hal itulah yang memantik ingatan anak untuk mengingat langkah apa yang telah, sedang, dan akan mereka lalui setelahnya.

Faktor itulah yang berperan dalam mengasah ingatan anak saat memainkan gim edukasi.

2. Menstimulasi Minat Belajar

Terkadang tidak selamanya bermain game selalu berdampak negatif. Karena game juga bisa memantik minat belajar anak melalui tantangan yang terkandung di dalamnya.

Motivasi belajar dapat meningkat seiring tema game itu sendiri. Sebagai contoh, game edukasi dengan muatan konten sains. Perlahan tapi pasti anak-anak juga akan menyukai dunia sains dengan sendirinya.

3. Membentuk Karakteristik

Seperti disinggung di awal, karena game dapat membentuk karakter pada diri anak, maka jangan sampai salah memberikan kebebasan kepada anak untuk bermain game.

Namun jika game yang diberikan mengandung unsur edukasi, maka bukan tak mungkin akan memberikan dampak yang baik.

Baca juga: 9 Wisata Edukasi di Yogyakarta, Mulai Monumen Sampai Museum, Warga Jogja Harus Bangga!

4. Melatih Kemampuan Mengenal Bahasa Asing

Pada game tertentu, khususnya yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi mancanegara, maka umumnya akan tersaji dalam bentuk bahasa asing.

Hal ini secara tidak langsung akan melatih kemampuan anak untuk mengenali istilah kosakata baru dalam bahasa asing tersebut beserta artinya dengan menyesuaikan fungsi dalam game.

Itulah sederet game edukasi yang cocok dan aman untuk dimainkan buah hati Anda. Meski begitu tetap berikan arahan yang tepat, termasuk pengawasan ekstra saat mereka memainkannya. Jangan sampai salah memberikan akses bermain kepada mereka, ya!

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90