Keunikan Ulat lilin, Air Liurnya Bisa Menghancurkan Plastik

  • Bagikan
banner 728x90

Jakarta ( Siaptv.com ) – Sudah beberapa lama para ilmuwan meneliti guna menemukan bagaimanakah cara menghancurkan limbah sampah plastik, dan mereka mencoba dengan mengunakan ulat lilin.

Para peneliti mengungkapkan jika ulat lilin ini mampu mengurangi dan mengurai jumlah sampah plastik, dengan air liurnya karena ulat lilin adalah larva nyengat lilin. Berawal dari penelitian ilmuwan memang didapati ulat lilin dalam ludahnya mengandung zat – zat yang bisa menghancurkan plastik dalam waktu singkat, dimana dari temuan itu mereka berharap ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi bahaya dan polusi sampah plastik ditempat pembuangan sampah.

Munculnya ulat – ulat lilin dikatakan memang berasal dari larva – larva nyengat pemakan lilin yang dihasilkan dari saat lebah – lebah membuat sarangnya, yang ditemukan ilmuwan ludahnya mengandung enzim yang bisa menghancurkan plastik ( Polimer Polietilena ). Yaitu dimana polietilena adalah merupakan suatu zat yang sering digunakan dalam pembuatan plastik, dimana zat ini disinyalir sebagai penyumbamg kerusakan lingkungan dikatenakan sulitnya terurai ditanah walaupun sudah puluhan dan ratusan tahun lamanya.

Dan temuan ini berdasarkan study penelitian tahu 2017, yang mengetahui memang ulat lilin mampu untuk melarutkan platik hanya dari air liurnya. Dimana enzim dari air liur ulat lilin ini mengandung biokimia yang bisa menguraikan plastik dengan waktu yang singkat melalui proses yang disebut oksidasi, yaitu sebuah proses dimana oksigen yang mampu menembus kedalam polimer plastik tersebut. ( Red )

 

 

 

 

 

 

 

 

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90