Masjid Atta’awun Puncak, Destinasi Wisata Religi di Bogor

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Puncak – Gadog, Tugu Selatan, Kek. Sisarua, Kabin. Bogor, Jawa Barat; Map: Pemeriksaan lokasi

Masjid Attaawun Punchak, bagi Anda yang sering melintas di Jalan Raya Puncak Gadog Bogor pasti pernah melihat kemegahan bangunan tempat ibadah ini. Keindahannya begitu mencolok dengan latar bangunan lain, bahkan bisa dikatakan sangat indah. Selain itu, ia memiliki banyak sekali keunikan, sehingga semua mata pasti akan terpaku padanya.

Seperti masjid pada umumnya, fungsi utama bangunan ini tak lebih dari tempat ibadah. Namun karena keindahan dan letaknya yang strategis, cukup banyak orang yang lalu lalang singgah dan memasukinya. Selain beribadah, ada juga yang sekadar beristirahat di sepanjang jalan.

Ada yang menerima keduanya, yaitu istirahat setelah menunaikan shalat wajib tepat waktu. Keindahan alam di sekitar lokasi menjadi daya tarik tambahan, suasana sejuk dan damai dijamin langsung terasa. Masjid ini dikelilingi pemandangan hijau persawahan dan perkebunan penduduk setempat, pemandangannya sangat bersih dan indah.

Landmark Masjid Attaavun Puncak

Landmark Masjid Attaavun Punchak Bogor
Image Credit: Google Maps Masjid Atta-Avun Puncak

Meski hanya masjid umum yang bisa dikunjungi siapa saja, Masjid Attaawun memiliki daya tarik tersendiri. Tak heran jika tempat ibadah ini selalu ramai pengunjung, baik untuk beribadah maupun untuk rekreasi dan kegiatan terkait lainnya.

1. Sejarah Masjid Attaavun

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas sejarah bangunan yang memiliki banyak manfaat. Tempat ibadah ini dulunya bernama Masjid Al-Muttawien dan milik P. T. Gunung Mas. Tujuan awal pembangunannya adalah sebagai tempat ibadah bagi para pekerja dan karyawan yang bekerja di pabrik tersebut.

Dibangun pada tahun 1987, masjid ini memiliki area yang kecil. Masalah sering muncul pada hari jumat dimana tempatnya tidak sesuai untuk sholat jumat. Pasalnya, tak hanya karyawan PT Gunung Mas yang salat di masjid ini, tapi juga warga setempat.

Tepatnya pada tahun 1990 perluasan wilayah dimulai, yang selesai setelah 9 tahun atau pada tahun 1999. Bersamaan dengan itu, namanya diubah menjadi Masjid Attaavun Puncak dengan segala keunikan dan keindahan arsitekturnya. Karena PT Gunung Mas tidak sendirian dalam biaya konstruksi, perusahaan menyumbangkannya kepada pemerintah daerah.

Total biaya renovasi dan perluasan masjid mencapai Rp 36 miliar. Selain menerima bantuan dari PT Gunung Mas, pemerintah daerah dan warga sekitar juga turut menyumbang dan mencari dana. Nama Masjid Attaavun diambil dari keadaan bangunan yang dimaksud, yang berarti takwa dan gotong royong untuk kebaikan.

2. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan alam sekitar, serta keindahan taman buatan di lobi masjid. Tak jauh dari lokasi, pengunjung dapat dengan mudah melihat keindahan alam perkebunan hijau warga. Terlihat sangat jelas pula undakan menyerupai terasering, yaitu sawah aktif milik warga.

Sedangkan keindahan lainnya adalah perbukitan yang mengelilingi Masjid Attaavun Puncak. Hampir semua keindahan alam tersaji dalam warna hijau yang menyejukkan mata. Di ketinggian sekitar 2000 mdpl, cuaca di sini sangat sejuk, bahkan beberapa pengunjung menganggapnya dingin.

Saat cuaca cerah, segala keindahan yang dimiliki terlihat begitu jelas. Meski mendung atau cuaca tidak mendukung, keindahan sekitar masih terlihat dari gugusan awan yang terlihat begitu eksotik. Selain itu, keindahan taman buatan di sekitar masjid juga tak kalah menarik, banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengabadikan momen tersebut.

3. Arsitektur Masjid Attaavun yang unik.

Arsitektur Masjid Attaawun terlihat sangat unik karena tidak terlihat seperti tempat ibadah umat Islam pada umumnya. Masjid ini memiliki perpaduan bangunan Timur Tengah dan Jawa yang nyaris sempurna. Jika kebanyakan masjid diasosiasikan dengan kubah, maka kali ini Anda tidak akan menemukannya di sini.

Atap masjid ini berbentuk jamur, jumlahnya cukup banyak. Setiap ruangan atau bagian bangunan berbentuk jamur dengan ukuran yang berbeda-beda. Kubah jamur terbesar ada di bangunan utama, sedangkan kubah jamur di sekitarnya berukuran lebih kecil.

Tak berbeda dengan masjid-masjid di tempat lain, Masjid Attaavun Punchak juga memiliki menara yang cukup tinggi. Gedung tinggi ini tidak terlihat seperti jamur. Sedangkan konsep bangunan Jawa terlihat dari kolam kecil yang mengelilingi masjid. Keberadaan kolam ini bertujuan untuk membasuh kaki dengan makna filosofis yang dalam.

Makna tersiratnya adalah siapa saja yang masuk masjid harus bersih. Kolamnya dangkal karena fungsinya hanya untuk membasuh kaki. Air untuk kolam ini diambil dari sungai kecil yang mengalir di sekitar masjid. Uniknya, air ini tidak pernah kering dan selalu mengalir meskipun musim kemarau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Masjid Attaavun Puncak Bogor
Kredit Gambar: Twitter Jelajahi Jawa Barat

Sebenarnya tidak sulit menemukan lokasi Masjid Attaavun Puncak karena tempatnya yang sangat strategis. Alamatnya juga jelas: Jalan Raya Punchak Gadog No. 90, Tugu Selatan, Kecamatan Chisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ini hanya akan menyulitkan warga di luar Bogor, karena belum mengenal jalan dan jalurnya.

Masjid ini terletak searah dengan Punchak pass, sudah pasti menjadi objek wisata sekaligus tempat menginap yang tidak pernah sepi. Sehingga bisa anda jadikan sebagai referensi utama anda saat berkunjung ke masjid ini. Dari Alun-Alun Bogor, jarak yang dibutuhkan sekitar 30 kilometer, rata-rata memakan waktu 1 jam.

Silakan gunakan Jalan Tol Yagoravi karena cukup mudah ditemukan dan juga lebih cepat. Setelah keluar pintu tol, lanjutkan ke Jalan Labuhan. Dari sini Masjid Attaavun Punchak tidak jauh, Anda hanya perlu menuju ke Jalan Raya Punchak dan ikuti jalur utama.

Ikuti jalan utama, lihat sekeliling karena ada beberapa rambu yang bisa digunakan sebagai panduan. Jangan heran jika perjalanan bisa memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan karena jalan menuju tempat itu ramai. Namun jangan khawatir, keindahan alam sekitar siap memanjakan Anda selama perjalanan.

Jangan lupa buka jendela mobil untuk merasakan sejuknya udara alami yang tidak dimiliki kota-kota. Jika tidak ada kendaraan bermotor, kawasan puncak ini dijamin bebas polusi. Pasalnya, hampir di sepanjang jalan warna hijau berbagai tumbuhan begitu indah.

Seperti tempat ibadah lainnya, Masjid Attaavun Puncak buka setiap hari dan tidak pernah tutup. Letaknya yang strategis sebagai tujuan berlalu lalang pengendara semakin mendukung jam bukanya. Anda bisa datang kapan saja untuk membungkuk dan beristirahat selama Anda berada di sini.

Tidak perlu membayar karena mesjid ini sebenarnya bukan objek wisata. Bagi yang membawa kendaraan bermotor, siapkan uang kembalian untuk mengganti tempat parkir. Selain itu, dibutuhkan biaya untuk menikmati aneka kuliner di sekitar masjid. Hal ini berlaku bagi Anda yang kehabisan perbekalan atau yang sengaja tidak membawa dari rumah.

Acara menarik di Masjid Attaavun Puncak

Kegiatan Masjid Attaavun Puncak Bogor
Kredit Gambar: Google Maps Teo Petrozza

Meski bukan objek wisata, Masjid Attaavun Punchak menawarkan banyak aktivitas untuk dilakukan. Kegiatan utamanya adalah ibadah, namun masih banyak kegiatan lain yang biasa dilakukan pengunjung selama berada di sini.

1. Ibadah doa

Sangat disarankan jika sedang berada di masjid, baik yang kita diskusikan kali ini maupun di masjid lain, usahakan dengan niat ibadah. Ibadah yang dimaksud tidak lain adalah shalat, Anda bisa shalat berjamaah jika waktunya tepat. Jika Anda melewatkan ini, tidak masalah jika Anda berdoa sendiri atau jika Anda menemukan peserta lain dengan niat yang sama untuk bergabung dalam pertemuan tersebut.

2. Nikmati pemandangan alam

Setelah Anda berdoa atau melakukan ibadah utama, Anda dapat melakukan hal-hal lain yang Anda inginkan. Di antara sekian banyak aktivitas yang paling dinanti-nanti pengunjung saat berada di Masjid Attaavun Punchak adalah menikmati pemandangan alam. persawahan, kebun buah-buahan dan sungai menjadi daya tarik utama di sini.

3. Bersantai sambil bersantai

Bagi yang sedang dalam perjalanan menuju situs utama, masjid ini siap memberikan kenyamanan. Artinya, di tempat umum dan terbuka ini Anda bisa bersantai. Ada banyak tempat untuk dikunjungi, tapi jelas bukan di dalam masjid. Di serambi masjid, pengunjung biasanya memilih waktu istirahat dan bersantai.

4. Wisata kuliner

Lokasi masjid ini sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata Bogor. Maka jangan heran jika di sepanjang jalan banyak warung atau restoran yang menawarkan menu utama yang berbeda untuk setiap orang. Tidak perlu jauh-jauh, di sekitar masjid juga banyak toko, tinggal pilih sesuai selera.

Layanan tersedia di area masjid

Pelayanan Masjid Atta'awun Puncak Bogor
Kredit Gambar: Google Maps Kang Ensap

Masjid Attaavun memiliki fasilitas yang memadai, bahkan lebih maju dari masjid pada umumnya. Yang pertama adalah toilet di sebelah tempat wudhu. Selain itu, tersedia tempat parkir yang luas bagi mereka yang tiba dengan mobil. Seperti yang sudah dibahas di atas, banyak juga warung makan di sekitar lokasi.

Masjid ini sebenarnya digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam. Namun karena keindahan dan arsitektur bangunannya, banyak pengunjung yang menjadikan Masjid Attaavun Puncak sebagai alternatif wisata. Meski bukan yang utama, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama yang sedang dalam perjalanan.



[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90