Pesona Pulau Kelor, Surga Bahari Tersembunyi di Labuan Bajo

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Dari 600.000 rupiah Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pasir Putih, Kek. Komodo, taksi. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Pemeriksaan lokasi

Pulau Kelor merupakan surga wisata Labuan Bajo NTT yang menawarkan keindahan alam yang indah berupa deretan perbukitan hijau dengan laut jernih yang indah.

Indonesia memang kaya akan sumber daya alam. Tak heran jika negara ini memiliki sejuta destinasi wisata alam yang menunggu untuk dijelajahi. Salah satu surga wisata yang saat ini sangat populer bahkan di mancanegara adalah pulau Labuan Baju Kelor.

Surga wisata yang terletak di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menawarkan keindahan alam yang masih asri berupa deretan perbukitan hijau dengan laut jernih yang indah. Destinasi wisata berupa pulau kecil tak berpenghuni ini menjadi destinasi wisata yang tepat bagi siapa saja yang mencari ketenangan.

Destinasi wisata Labuan Bajo di NTT yang satu ini dijamin akan membuat siapapun yang menginjakkannya akan terpesona dan terpesona dengan keindahan alamnya yang masih alami. Banyak orang memilih destinasi wisata di pulau terpencil ini sebagai tujuan liburan bulan madu atau liburan keluarga.

Daya Tarik Pulau Kelor

Daya Tarik Pulau Kelor
Kredit Gambar: Google Maps Julien Dubois

Berada di Kabupaten Manggarai, Flores, Pulau Kelor memberikan suasana romantis dan damai bagi siapa saja yang ingin menghabiskan liburannya di sini. Labuan Bajo menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia selain Bali bagi wisatawan mancanegara. Berikut daya tarik pulau kecil ini:

1. Keindahan alam yang tak terjamah

Daya tarik utama yang ditawarkan Pulau Kelor kepada wisatawan yang berkunjung tentunya pemandangan alamnya yang masih asri dan alami. Suasana yang tercipta dari pemandangan di pulau ini mirip dengan pemandangan alam yang bisa dilihat di Selandia Baru.

Oleh karena itu, tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk yang suka berfoto. Ada banyak zona foto dengan background yang sangat menawan khas pulau-pulau tropis. Pulau ini terbenam dalam kehijauan dengan pepohonan dan rerumputan yang tumbuh di atas bukit dan dikelilingi oleh laut biru.

2. Pulau itu masih sepi

Kebanyakan orang, setelah memutuskan untuk pergi berlibur ke suatu tempat, mencari tempat yang tenang dan damai. Oleh karena itu, pulau kecil di Labuan Bajo ini bisa menjadi pilihan yang tepat, apalagi pulau ini memang benar-benar tidak berpenghuni.

Pulau Kelor juga cukup sepi karena belum banyak orang yang datang ke pulau ini. Sehingga wisatawan bisa leluasa menjelajahi berbagai tempat tersembunyi yang ada di pulau ini tanpa mengkhawatirkan wisatawan lain.

3. Suasana lebih romantis dan tenang

Daya tarik lain dari Pulau Kelor
Kredit Gambar: Google Maps Julien Dubois

Pesona pulau ini terletak pada suasananya yang sangat romantis dan tenteram. Nama pulaunya sendiri yaitu Kelor Labuan Bajo memang sama dengan nama pulau yang ada di Kepulauan Seribu Jakarta ini. Namun suasana yang dirasakan di kedua tempat ini sangat berbeda, karena pulau di Labuan Bajo lebih sepi dan damai.

Pulau di Labuan Bajo ini sangat ideal bagi mereka yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk ibu kota berkat suasananya yang tenang dan romantis. Oleh karena itu, banyak pengantin baru yang lebih memilih menghabiskan bulan madu di tempat wisata ini.

4. Seperti sebuah pulau untuk berhenti

Pulau Kelor sebenarnya lebih dikenal sebagai pulau persinggahan ketimbang sebagai pulau wisata utama di Labuan Bajo. Umumnya masyarakat lebih mengenal nama pulau seperti Pulau Padar dan Pulau Rinca di kawasan ini.

Oleh karena itu, banyak penyedia perjalanan hanya menggunakan pulau kecil ini sebagai persinggahan karena letaknya yang dekat dengan pulau terkenal ini. Meski hanya sekedar persinggahan, namun keindahan alamnya akan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dikelilingi oleh pasir putih dan ombak biru yang tenang, banyak wisatawan yang jatuh cinta dengan keindahan pulau ini dan mengabadikannya dalam foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau Kelor
Kredit Gambar: Google Maps Asri Derulo

Pulau Kelor merupakan bagian dari kawasan wisata utama Labuan Bajo di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur. Letak pulau ini sendiri berdekatan dengan pulau populer lainnya di kawasan Labuan Bajo seperti Pulau Rinca, Pulau Padar, Pulau Komodo dan lain-lain.

Oleh karena itu, pulau ini dijadikan sebagai pulau persinggahan. Maka dari itu, itinerary untuk menuju pulau ini biasanya sudah dikemas bersamaan dengan paket wisata Sailing Komodo.

Wisatawan dapat mencapai pulau dengan speedboat melalui pelabuhan Tilong, yang memakan waktu 20 hingga 30 menit. Pilihan lain yang tersedia adalah berangkat dari Dermaga Labuan Bajo dan naik perahu selama 30 menit.

Tarif ke Pulau Kelor

Biaya pulau kelor
Kredit Gambar: Google Maps Ahmed R.

Padahal, tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibayar pengunjung jika ingin berwisata ke Pulau Kelor. Namun, biaya yang harus disiapkan wisatawan adalah biaya transportasi sewa perahu dari pelabuhan ke pulau dan sebaliknya.

Anggaran sewa perahu yang harus disiapkan kurang lebih Rp 600.000 yang bisa memuat 6 hingga 7 penumpang. Pilihan lain yang lebih hemat adalah mengikuti open tour yang disediakan oleh dinas pariwisata Labuan Bajo.

Open trip yang ditawarkan biasanya 3 hari 2 malam, dan wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di Labuan Bajo.

Aktivitas menarik di Pulau Kelor

Liburan aktif di Pulau Kelor
Kredit Gambar: Google Maps 林政錡

Dengan bentang alam yang masih asri dan belum terjamah banyak orang, aktivitas yang bisa dilakukan sangat bergantung pada apa yang disediakan pulau ini secara alami. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Kelor.

1. Mendaki bukit

Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata tidak hanya sekedar berfoto. Wisatawan yang menyukai aktivitas fisik atau olahraga dapat memanfaatkan perbukitan hijau di Labuan Bajo ini sebagai tantangan fisik.

Dengan medan yang cukup terjal, mendaki bukit ini memang cukup sulit, namun dijamin akan memuaskan siapapun yang berhasil mencapai puncaknya.

Meski kemiringan bukit hampir 45 derajat, jalur pendakian sudah terbentang di sini sehingga memudahkan wisatawan untuk mendaki atau menuruni bukit. Waktu pendakian rata-rata dari bukit ke puncak adalah 30 hingga 45 menit.

Walaupun cukup melelahkan dan asik, semua kerja keras akan terbayar ketika sampai di puncak. Wisatawan akan dihibur dengan keindahan gradasi laut biru yang terhampar luas di sekitar pulau.

2. Snorkling

Laut di sekitar Pulau Kelor sangat bersih, ombaknya juga tenang. Jadi olahraga air yang cocok disini adalah scuba diving. Wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut yang masih alami dengan terumbu karang yang indah.

Layanan tersedia di area pulau

Layanan Pulau Kelor
Kredit Gambar: Google Maps oleh Keigo T.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Pulau Kelor lebih merupakan pulau persinggahan dibandingkan tujuan wisata utama di kawasan Labuan Bajo.

Sehingga tidak ada bangunan yang dibangun di pulau cantik ini, baik itu hotel, warung makan, mushola, bahkan toilet. Setiap wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pulau ini harus menyiapkan bekal sendiri.

Pulau Kelor di Labuan Bajo ukurannya tidak terlalu besar, namun menyimpan begitu banyak keindahan alam yang masih asri dan jarang terjamah orang. Wisatawan yang ingin menikmati ketenangan dan suasana romantis tidak boleh melewatkan kesempatan menginap di pulau berbukit hijau ini.

[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90