Pulau Kelapa, Pulau Cantik dengan Keindahan Bawah Lautnya di Jakarta

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Dari 200.000 rupiah Jam kerja: 24 jam, Alamat: Pulau Kelapa, Kek. Kepulauan Seribu Utara, Taksi. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Pemeriksaan lokasi

Pulau Kelapa merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Kepulauan Seribu Jakarta dan wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau ini memiliki banyak daya tarik.

Kawasan Kepulauan Seribu memang menjadi destinasi wisata paling populer di kawasan Jabodetabek. Menyuguhkan keindahan alam yang sangat asri, banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat liburan di kawasan kecil Jakarta ini. Salah satu tempat wisata terbaik untuk dikunjungi adalah Pulau Kelapa.

Sama seperti Pulau Harapan yang juga merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, pulau yang ditumbuhi banyak pohon kelapa ini merupakan tempat tinggal mayoritas penduduk suku Boogie dan Mandar. Deretan pohon bakau yang hijau subur akan mempesona wisatawan di sepanjang garis pantai.

Sedangkan di sisi lain pulau, yakni dermaga timur dan utara, dipenuhi perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi untuk digunakan melaut. Pulau Kelapa sendiri merupakan bagian dari salah satu pulau di Kepulauan Seribu dengan jumlah penduduk yang cukup padat.

Daya Tarik Pulau Cocos

Daya Tarik Pulau Kelapa Jakarta
Kredit Gambar: Twitter pulau cinta

Seperti kebanyakan Kepulauan Seribu yang dijadikan destinasi wisata, Pulau Kelapa memiliki daya tarik utama pada keindahan alam lautan, pantai, dan pulau-pulau yang masih asri hingga saat ini. Berikut adalah atraksi utama yang ditawarkan:

1. Pemandangan alam yang indah

Daya tarik utama pulau di Kepulauan Seribu ini tentu saja pemandangan alamnya yang indah. Pulau seluas sekitar 13 hektar ini dikelilingi oleh lautan biru dengan air yang jernih. Sesampainya wisatawan dapat menikmati pemandangan alam berupa pasir putih bersih di pinggir pantai.

Selain itu rimbunnya pohon kelapa dan deretan hutan bakau tumbuh di pinggir pantai membuat pemandangan semakin asri dan sejuk.

2. Wisata kehidupan laut

Selain menikmati pemandangan alam laut dan pantai yang luas, aktivitas yang ditawarkan Pulau Kelapa juga mencakup wisata biota laut.

Pulau ini memiliki tempat penangkaran kura-kura yang bisa dikunjungi oleh wisatawan yang tertarik mempelajari segala seluk-beluk hewan laut ini. Penangkaran penyu di pulau ini bisa dijadikan tempat edukasi yang menarik bagi anak-anak untuk belajar cara merawat penyu dan mengenal berbagai jenis penyu.

Selain itu, wisatawan bisa langsung menikmati habitat terumbu karang bawah laut yang masih asli.

3. Menyajikan seafood segar

Layaknya pulau wisata lain di kawasan Kepulauan Seribu yang kaya akan hasil tangkapan hewan laut, Kelapa juga menawarkan sajian menarik berbahan dasar hewan laut segar hasil tangkapan nelayan.

Wisatawan bisa menikmati aneka hidangan seafood seperti ikan, udang, kerang, kepiting segar dengan harga terjangkau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau Kelapa Jakarta
Kredit Gambar: Google Maps Sri R.

Pulau Kelapa merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau wisata ini terletak di Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Untuk menuju lokasi di luar Kepulauan Seribu hanya ada satu pilihan transportasi yaitu transportasi laut karena pulau ini terletak terpisah dari DKI Jakarta. Ada beberapa jalur untuk menuju tempat tersebut dari beberapa dermaga atau pelabuhan di Tangerang dan Jakarta.

Rute pertama yang bisa Anda pilih adalah Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Muara Angke. Waktu yang dibutuhkan untuk menyeberang dari pelabuhan Marina Ancol menuju pulau antara 1 hingga 2 jam.

Sedangkan penyeberangan dari pelabuhan Muara Angke dengan feri memakan waktu 2,5 hingga 3 jam.

Ongkos ke Pulau Kelapa

Tiket Pulau Cocos Jakarta
Kredit Gambar: Google Maps Daeng Adri

Harga tiket masuk salah satu pulau wisata di Kepulauan Seribu ini sangat terjangkau yaitu hanya 5000 rupiah saja. Anggaran besar yang perlu disiapkan adalah biaya transportasi atau perjalanan ke atau dari pulau.

Anggaran untuk penyeberangan bervariasi tergantung pada rute yang dipilih. Misalnya, jika wisatawan berangkat dari pantai Marina Ancol, biaya perjalanan perahu adalah antara 200.000 hingga 250.000 rupee.

Aktivitas menarik di Pulau Kelapa

Kegiatan Pulau Cocos Jakarta
Kredit Gambar: Google Maps Mohammed Hadyan Azizi Vizesa

Karena total jumlah pulau di Kepulauan Seribu mencapai hampir 300 pulau, ada banyak pilihan destinasi wisata yang bisa bebas dipilih wisatawan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu. Masing-masing tempat wisata ini merupakan daya tarik yang unik dan berbeda.

1. Berfoto di tempat yang sejuk

Kegiatan yang pastinya tidak akan pernah dilewatkan saat berkunjung ke tempat wisata tentunya berburu spot foto yang keren. Termasuk dalam gugusan pulau Kepulauan Seribu, pulau ini sangat kaya akan spot foto yang keren dan menakjubkan.

Wisatawan bisa menyusuri pantai untuk mencari spot foto terbaik bersama teman, keluarga atau sendiri. Wisatawan biasanya lebih suka berfoto di sore hari saat sunset karena pemandangannya lebih menawan.

2. Mengunjungi Pulau Harapan melalui jembatan

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan wisatawan di pulau cantik ini adalah mengunjungi pulau terdekat di seberang jembatan, Pulau Harapan. Sebuah jembatan kayu dibangun menghubungkan Pulau Kelapa dengan Pulau Harapan.

Kehadiran jembatan ini tentunya memudahkan wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Harapan tanpa harus menggunakan transportasi laut lagi. Dengan begitu wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih jika ingin mengunjungi pulau selanjutnya karena cukup menyeberangi jembatan.

3. Olahraga air

Bosan hanya berkeliling pulau dan berfoto? Pulau Kelapa juga menawarkan aktivitas olahraga air menarik yang bisa dilakukan oleh setiap pengunjung yang berkunjung.

Air laut yang jernih dengan flora dan fauna laut yang masih terjaga membuat banyak wisatawan melakukan snorkeling atau scuba diving di sini. Banyak wisatawan memilih berenang di laut untuk melihat terumbu karang yang indah dengan ikan laut yang berwarna-warni.

Tidak kurang dari 20 spot snorkeling di pulau ini, seperti Pulau Macan, Kayu Angin Genteng, dll. Pengunjung yang membawa anak bisa mengajak anaknya bermain air atau berenang di pantai. Air laut dengan ombak yang tenang membuat berenang bersama anak-anak di tepi laut menjadi aman.

4. Bersantai di bawah pohon yang sejuk

Lelah berkeliling pulau, wisatawan bisa duduk santai di bawah rimbunnya pohon bakau yang berjejer rapi di sepanjang pantai. Ternyata pulau ini tidak hanya memiliki pohon kelapa, namun juga hutan bakau yang cukup luas.

Layanan tersedia di area pulau

Pulau Kelapa di Jakarta
Kredit Gambar: Google Maps Seongchoul Myung

Infrastruktur yang tersedia di Pulau Kelapa terbilang cukup lengkap, mengingat pulau ini memiliki penduduk tetap yang sudah lama tinggal di sana. Fasilitas masyarakat juga telah disediakan oleh pemerintah setempat untuk mendukung kegiatan pariwisata di kawasan Kepulauan Seribu.

Beberapa fasilitas yang tersedia di pulau ini antara lain homestay, warung makan dan kafe, tempat ibadah, fasilitas kesehatan umum, taman bermain anak, ATM, dan lain-lain.

Seperti namanya, pulau kelapa ada banyak pohon kelapa yang tumbuh subur di sekitar pulau. Letak pulau ini sendiri berdekatan dengan pulau-pulau terkenal lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Pramuka dan lain sebagainya. Sehingga banyak wisatawan yang memutuskan untuk berlibur ke pulau ini.



[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90