Air Terjun Sarambu Masiang, Air Terjun Indah dengan Panorama Alam Memukau di Luwu

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Rp 10.000 Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kaladi Darussalam, Kek. Souli Barat, Kamar. Luvu, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Air Terjun Sarambu Masiang merupakan salah satu objek wisata menarik dan potensial yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Luu.

Keindahan alam Indonesia memang luar biasa. Bentang alam yang beragam dengan berbagai keindahan membuat negara ini dikaruniai potensi wisata yang luar biasa. Salah satu potensi lokasi wisata yang sedang dikembangkan saat ini adalah Air Terjun Sarambu Masiang.

Air terjun yang terletak di Kabupaten Luwu ini memiliki tampilan yang sangat eksotik sehingga dijamin membuat siapapun jatuh cinta saat melihatnya. Berada di kaki Gunung Latimojong, wisatawan akan disambut oleh derasnya aliran air terjun yang sejuk dan sangat jernih.

Untuk bisa masuk ke kawasan wisata air terjun, wisatawan harus melewati kawasan hutan yang masih asri dan cukup lebat. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk dipilih sebagai tujuan liburan untuk bersantai ataupun untuk liburan aktif.

Daya Tarik Air Terjun Sarambu Masiang

Objek wisata air terjun Sarambu Masiang
Kredit Gambar: Facebook Habibi Idegang

Obyek wisata Air Terjun Sarambu Masiang menjadi salah satu tujuan wisata utama di wilayah Belop Sulawesi Selatan karena daya tariknya yang luar biasa. Ada banyak alasan mengapa wisatawan senang mengunjungi air terjun ini.

1. Suasana alam pegunungan

Salah satu daya tarik utama yang ditawarkan oleh tempat wisata air terjun Sarambu Masiang adalah suasana pegunungan yang masih sangat asri. Air terjun yang terletak tepat di kaki Gunung Latimojong ini dikelilingi oleh dua buah gunung yang masih alami.

Sehingga suasana asri dan segar khas pegunungan masih sangat terasa. Oleh karena itu, tempat wisata ini menjadi pilihan yang paling cocok bagi mereka yang ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kota yang khas.

Di kanan dan kiri air terjun, terdapat ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Udara segar dari pepohonan dijamin membuat siapapun merasa rileks dan damai.

2. Air terjun air tawar yang deras

Tentunya dari segi daya tarik, daya tarik utama dari wisata alam ini adalah air terjun yang menjulang tinggi yang turun dari ketinggian kurang lebih 150 meter. Air terjun ini sangat segar dan bersih karena berasal dari mata air Gunung Latimojong yang masih belum terjamah.

Apalagi sungai kecil mengalir di bawah air terjun dengan aliran yang keluar dari air terjun. Oleh karena itu, pesona alam yang terbentuk di sekitar air terjun dijamin mampu menghipnotis para pengunjung yang datang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Sarambu Masiang
Kredit Gambar: Google Maps Kibaraja Studio

Air Terjun Sarambu Masiang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang terletak di Desa Kalidi Darussalam, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luvu, Sulawesi Selatan. Air terjun yang sangat indah ini terletak hanya 35 km dari ibu kota Luvu yaitu kota Belop.

Meski letak desa ini cukup terpencil, namun tidak terlalu jauh dari pusat kota. Hanya saja akses ke desa tersebut masih sedikit sulit. Tidak ada angkutan umum yang bisa digunakan pengunjung untuk mencapai lokasi wisata ini.

Oleh karena itu, pengunjung harus menggunakan transportasi pribadi atau menyewa kendaraan roda dua atau roda empat jika ingin mencapai lokasi air terjun. Untuk menuju kawasan wisata dengan satu air terjun ini, Anda perlu mengikuti jalur ke selatan dari kota Belop.

Ada banyak jalur untuk menuju kantor Desa Kaladi Darussalam. Dari kantor desa, ikuti jalur menuju lokasi air terjun dengan jarak sekitar 5 km. Rambu penunjuk arah menuju lokasi wisata telah dipasang di beberapa titik, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses lokasi tersebut.

Setibanya di titik lokasi, wisatawan dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang telah disediakan. Selain itu, pengunjung harus menyusuri jalan setapak menuruni bukit untuk mencapai tepian air terjun.

Harga tiket masuk air terjun

Bisa dikatakan harga tiket masuk ke lokasi wisata air terjun Sarambu Masiang cukup terjangkau karena dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar termasuk perangkat desa. Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 pada hari kerja atau weekdays saja.

Sedangkan di akhir pekan, biaya masuknya sama, hanya Rp 10.000. Dengan harga masuk yang terjangkau, tempat wisata ini menjadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan dengan budget terbatas.

Aktivitas menarik di Sarambu Masiang

Aktivitas air terjun Sarambu Masiang
Kredit Gambar: Facebook Indrajaya

Penyajian keindahan alam yang masih alami menjadikan Air Terjun Sarambu Masiang pilihan yang tepat untuk bersantai bersama keluarga, sahabat atau sendiri. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, mulai dari menikmati alam hingga aktivitas yang memacu adrenalin.

1. Bermain air

Kegiatan pertama yang dilakukan saat mengunjungi air terjun ini adalah bermain di air terjun yang aliran airnya sangat segar dan bersih.

Air terjun ini memiliki bebatuan besar yang dipanjat pengunjung dan tetap berada di bawahnya, merasakan gemericik air yang menerpa tubuh mereka. Pengunjung juga bisa berenang di sungai yang terbentuk di bawah air terjun.

Kecuali musim hujan, aliran air dari air terjun ini tidak terlalu deras sehingga aman untuk berenang di dalamnya.

2. Medan yang sulit bagi penggemar off-road

Air Terjun Sarambu Masiang terletak di lokasi yang agak terpencil, sekitar 35 km dari pusat kota Belopa. Karena medan yang harus dilalui untuk mencapai air terjun cukup ekstrim, hal ini justru membuat objek wisata ini cocok untuk para petualang off-road.

Banyak petualang baik menggunakan kendaraan roda 4 maupun sepeda motor yang lebih memilih berpetualang di area air terjun. Tantangan berkendara melalui medan yang tidak biasa tentu saja paling dinikmati oleh para pencari petualangan.

3. Berburu foto keren

Pengunjung bisa berfoto di berbagai bagian kawasan wisata air terjun yang menyuguhkan pemandangan luar biasa. Ada banyak spot foto Instagram di air terjun ini.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Air Terjun Sarambu Masiang
Kredit Gambar: Google Maps Kibaraja Studio

Sedangkan Wisata Air Terjun Sarambu Masiang masih membutuhkan pengembangan lebih lanjut dari pemerintah desa setempat, karena sudah memiliki beberapa fasilitas masyarakat untuk menunjang kegiatan wisata.

Beberapa fasilitas di sekitar air terjun seperti jalan setapak yang sudah diaspal dan berbentuk tangga untuk memudahkan wisatawan yang ingin mencapai tempat tersebut. Selain itu, di luar lokasi wisata juga terdapat tempat parkir khusus untuk penyimpanan kendaraan.

Di luar kawasan wisata, terdapat beberapa warung makan dan minum yang dikelola warga. Sedangkan mushola atau toilet bisa ditemukan di desa yang agak jauh dari lokasi air terjun.

Lokasi wisata andalan desa Kaladi Darussalam ini memang menjadi fokus pemerintah desa untuk dikembangkan lebih lanjut. Terletak di ketinggian 640 mdpl di kaki Gunung Latimojong. Air Terjun Sarambu Masiang memiliki suasana lapang yang sangat sejuk serta segar.

[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90