Air Terjun Yeh Labuh, Air Terjun Indah dengan Panorama Alam Memukau di Bali

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00–05.00 VITA, Alamat: Selumbung, Kek. Manggis, taksi. Karangasem, Bali; Map: Pemeriksaan lokasi

Air Terjun Ye Labuh merupakan salah satu tempat wisata terbaik saat liburan di Bali. Air bersih dan udara sejuk menyegarkan pikiran!

Masih banyak diketahui objek wisata pantai di pulau Bali. Namun ternyata Pulau Dewata ini juga memiliki banyak air terjun yang indah. Salah satunya adalah objek wisata air terjun Ye Labukh yang terletak di kawasan Karangasem.

Keindahan alam air terjun ini bisa dinikmati setelah menempuh perjalanan yang agak sulit bagi para petualang, sehingga tidak heran jika air terjun ini masih terlihat sangat alami. Rasa lelah akan terbayar lunas dengan kesegaran air terjun dan pemandangan indah di sekitarnya.

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke air terjun ini. Memang apa daya tarik wisata air terjun di Karangasem Bali ini? Bagaimana menuju ke tempat-tempat wisata ini? Yuk simak informasi selengkapnya tentang Yen Labuh!

Atraksi milik air terjun Ye Labukh

Objek wisata air terjun Ye Labukh di Bali
Kredit Gambar: Google Maps Haryo Vibhisono

Meski terletak di pedalaman dan memiliki jalur yang agak sulit, ternyata lokasi tempat wisata air terjun ini cukup ramai dikunjungi. Ini tentu saja karena daya tarik wisata air terjun. Berikut beberapa tempat wisata Ye Labuh!

1. Air terjun yang mempesona

Yeh Labu merupakan air terjun yang terdiri dari dua tingkatan yaitu air terjun Tibu Kresek di bagian bawah dan air terjun Tibu Tenga di bagian atas dengan ketinggian mencapai 35 meter. Kedua tingkat air terjun ini tidak terlalu jauh atau hanya 10 menit berjalan kaki.

Aliran air yang tidak terlalu deras dengan sisi kanan dan kiri yang dipenuhi pepohonan hijau membuat air terjun ini begitu menawan. Bebatuan alam di kolam dan air terjun juga membuatnya semakin indah.

2. Keindahan alam di sekitar air terjun yang indah

Air terjun Ye Labuch dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau. Anda bisa bayangkan, kan? Suasana di sekitar air terjun tentunya terlihat sangat indah! Cocok untuk refreshing dan menenangkan diri sejenak melupakan aktivitas sehari-hari yang menjemukan.

Karena lingkungannya yang masih asri, terkadang terdengar kicauan burung satu sama lain. Kicauan burung dan gemuruh air terjun melengkapi suasana alam yang menenangkan.

3. Udara sejuk dan menyejukkan

Air terjun ini sangat cocok bagi wisatawan yang penat dengan kehidupan kota. Obyek wisata ini menawarkan pemandangan alam yang menyejukkan dan indah. Selain itu, udara di kawasan wisata ini cukup sejuk dan menyejukkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Ye Labuh Bali
Kredit gambar: Google Maps Andrey Maygutyak

Di manakah lokasi Air Terjun Ye Labukh? Destinasi wisata ini terletak di Dudun Siig, Desa Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Jika dari Bandara Ngurah Rai Bali maka silahkan langsung berkendara menuju desa Manggis yang memakan waktu sekitar 1 jam 27 menit.

Kemudian dari desa Manggis dilanjutkan dengan mengikuti google maps atau petunjuk arah lainnya untuk mencapai lokasi air terjun ini. Tempatnya memang cukup sulit ditemukan, apalagi bagi pengunjung yang tidak familiar dengan daerah tersebut.

Rute menuju tempat wisata air terjun ini cukup sulit bagi jiwa petualang para wisatawan. Air terjun ini dapat dicapai dengan melewati jalan yang agak sulit, menyeberangi sungai bahkan mendaki tebing yang cukup tinggi.

Yang terbaik adalah pergi ke Ye Labukh dengan sekelompok teman atau keluarga. Tujuannya adalah untuk saling membantu melewati jalan yang sulit ini.

Harga tiket masuk ke alam

Tiket Air Terjun Bali Ye Labukh
Kredit Gambar: Facebook Eka Yuliantari

Pengunjung dapat memasuki kawasan wisata air terjun Ye Labuh kapan saja. Namun sebaiknya datang saat cuaca cerah dan mulailah trekking ke lokasi air terjun pada pagi atau dini hari.

Di pintu masuk kawasan wisata air terjun ini, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk. Harga tiket masuk wisata air terjun di Karangasem ini adalah Rp 5000 per orang.

Kegiatan menarik di air terjun Ye Labukh

Aktivitas air terjun Ye Labukh Bali
Kredit Gambar: Google Maps Boby Bahar

Selain menikmati pesona keindahan Air Terjun Ye Labuh Bali sambil duduk santai, masih banyak lagi hal seru yang bisa dilakukan. Berikut beberapa pilihan aktivitas liburan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sini!

1. Berenang dan bermain di bawah air terjun

Ye Labukh merupakan air terjun dengan aliran air yang tidak terlalu banyak sehingga cocok sebagai tempat bermain air. Kolam di bawah air terjun yang berisi aliran air ini juga bisa digunakan untuk berenang.

Pastikan untuk selalu berhati-hati saat bermain air terjun ini. Hal ini disebabkan letak bebatuan yang tidak rata di sekitar air terjun.

2. Trekking di sekitar air terjun

Selain bersenang-senang di bawah air terjun, berkeliling objek wisata ini juga menyenangkan. Wisatawan bisa melihat keindahan alam yang masih asri dan menghirup udara segar.

Sebenarnya kegiatan tracking ini juga dilakukan dari jalan utama menuju lokasi air terjun. Tracking rides akan menyenangkan dan menantang dengan track atau lintasan yang sudah selesai. Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman agar pendakian ke air terjun lebih nyaman.

3. Berburu foto

Saat mengunjungi sebuah objek wisata, tentunya Anda perlu membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen liburan Anda. Kawasan air terjun Ye Labukh bisa menjadi tempat yang cocok untuk hunting foto bertema alam.

Aliran air terjun dari ketinggian bisa dijadikan background instagram. Selain itu, foto-foto di kolam air terjun yang dihiasi bebatuan alam juga akan terlihat estetis. Rerimbunan pepohonan di sekitar air terjun tentu akan menambah kealamian foto yang dihasilkan.

Jika Anda ingin terjun untuk fotografi, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang sesuai. Photohunting dapat dilakukan dengan menggunakan kamera digital atau kamera handphone. Harap berhati-hati saat membawa perlengkapan fotografi agar tidak terjatuh atau bahkan terperosok ke dalam air.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Ye Labukh Bali
Kredit Gambar: Umpan Sederhana Google Maps

Meski berada di lokasi yang cukup terpencil, objek wisata Air Terjun Ye Labuh tetap menawarkan berbagai fasilitas. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia bagi wisatawan Yeh Labuh, yaitu:

  • parkir
  • Kamar mandi atau toilet
  • warung makan
  • Tempat atau pos istirahat

Selain itu, Kawasan Wisata Yeh Labuh juga menawarkan akomodasi yang terjangkau. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata lain di dekat Ye Labuh, tidak ada salahnya menyewa hotel terlebih dahulu agar tidak terlalu lelah.

Struktur di air terjun ini belum terlalu lengkap. Jadi pastikan untuk membawa peralatan yang sesuai dengan Anda. Misalnya kotak P3K, baju ganti, makanan ringan dan berat, minuman, dan sebagainya.

Air Terjun Ye Labukh merupakan salah satu wisata air terjun menawan di Bali yang masih terlihat sangat asli dan alami karena belum banyak pengunjung. Meski treknya cukup melelahkan, keindahan Yeh Labuh bisa menghilangkan penat dan menyegarkan pikiran Anda!

[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90