Mendatte Park, Destinasi Wisata Alam Hits & Sarana Edukasi di Enrekang

  • Bagikan
banner 728x90

[ad_1]

Harga tiket: Rp5.000 Jam kerja: 09.00–21.30 VITA, Alamat: Mendatta, Keck. Angeraja, kantor. Enrekang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Taman Mendatta merupakan objek wisata utama yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Ada kawasan lindung dan perkebunan subur.

Taman Mendatta adalah salah satu tujuan wisata utama di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Objek wisata ini sedang hits, terutama dengan pejalan kaki dan berkemah di luar ruangan.

Tempat wisata di Desa Mendatta ini menjadi destinasi liburan favorit masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya. Bahkan, kepopuleran bumi perkemahan di kawasan timur Indonesia ini sudah terdengar sampai mancanegara ketika banyak turis mancanegara datang ke sini.

Pemandangan alam di Mendatta Park masih sangat asri dengan pemandangan alamnya yang hijau, seperti di film-film fiksi ilmiah Hollywood. Hampir setiap sudut di kawasan wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berkemah.

Daya Tarik Mendatt Park

Objek Wisata Taman Mendatta Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Adelia

Taman Mendatte merupakan objek wisata di Enrekang yang dikelola oleh BUMDes setempat untuk berkemah dan kegiatan rekreasi lainnya. Tempat wisata ini memiliki banyak atraksi yang membuatnya populer di kalangan wisatawan.

1. Pemandangan alam yang indah

Taman Mendatta adalah tujuan wisata utama di Enrekang, Sulawesi Selatan bagi orang yang ingin berlibur akhir pekan. Tidak hanya untuk berkemah, banyak juga wisatawan yang datang hanya untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam yang indah.

Butlas Natural Park atau yang lebih dikenal dengan Mendatte Park ini dikelilingi oleh gugusan pegunungan karst yang membentuk panorama yang indah bak di negeri dongeng. Dari timur desa Mendatte dikelilingi oleh Gunung Nona, dan dari barat oleh tebing Bambapuang.

2. Perkebunan subur

Daya tarik desa wisata ini tidak hanya panorama pegunungan yang indah, tetapi juga dikelilingi oleh perkebunan penduduk yang subur di sekitar desa. Beberapa perkebunan warga di sekitar desa, seperti jagung, bawang merah, kacang tanah dan sebagainya.

Perkebunan penduduk di sekitar taman wisata sendiri merupakan salah satu pendukung berkembangnya pariwisata dari desa Mendatte.

3. Berbagai tempat konservasi satwa liar

Tidak hanya dikelilingi pemandangan alam yang asri dan indah, daya tarik lain yang ditawarkan Mendatta Park adalah berbagai satwa liar yang bisa ditemukan di tempat ini.

Wisatawan dapat menikmati pertunjukan dari kawanan burung merpati, mulai dari merpati hingga kelinci putih yang berlarian di alam bebas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Mendatta Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Albertrahmanp

Desa Mendatte adalah sebuah desa di Lembah Surugana Babapuang. Secara administratif, tempat wisata ini berada di wilayah Kecamatan Angeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Meski desa ini dikelilingi oleh gugusan gunung, akses menuju lokasi wisata sebenarnya cukup mudah.

Mendatte Park terletak di pinggir jalan trans atau jalan provinsi dari Enrekang Makale. Jadi dalam hal aksesibilitas dari perkotaan. Tempat wisata ini mudah dijangkau. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai desa Mendatte dari kota Makassar adalah 5 sampai 6 jam.

Biaya masuk ke Taman Mendatta

Taman Mendatte atau dikenal juga dengan Taman Wisata Alam Butlas ini dikelola langsung oleh Badan Usaha Desa atau BUMDes Makinawa, sehingga harga tiket masuknya sangat terjangkau. Wisatawan yang tiba di kawasan wisata akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Dengan tiket masuk yang sangat murah, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas di Mendatta Park, mulai dari hiking, hunting spot foto, atau sekedar bersantai. Jika wisatawan ingin berkemah, disediakan tenda camping dengan harga sewa Rp 30.000 per tenda.

Kegiatan menarik di Mendatta Park

Acara Mendatte Park Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Ahmad Sediq Yusuf

Berada di kawasan yang dikelilingi perbukitan karst menjadikan Taman Mendatta sebagai objek wisata yang menawarkan berbagai aktivitas bagi wisatawan. Bagi yang senang berada di alam, Mendatte Park adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

1. Mendaki bukit ala pedesaan

Seperti yang Anda ketahui, Taman Mendatta terdiri dari gugusan perbukitan yang masih asri namun tidak terlalu terjal. Oleh karena itu, taman wisata ini sangat cocok sebagai tujuan pendakian para pemanjat tebing.

Medan perbukitan yang tidak terlalu terjal dan ditumbuhi rerumputan hijau membuat taman wisata ini menjadi tempat pendakian yang cocok untuk pemula. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak bukit tidak terlalu lama, hanya 30 menit sampai 1 jam tergantung kecepatan pendakian.

2. Siapkan tenda kemah

Salah satu kegiatan utama yang ditawarkan Mendatte Park bagi wisatawan adalah camping atau berkemah di kawasan taman wisata. Wisatawan bisa menikmati suasana panorama alam dan sejuknya udara pegunungan sambil bercengkrama bersama teman atau keluarga di bumi perkemahan.

Jangan khawatir jika tidak memiliki tenda sendiri, karena pihak administrasi yaitu BUMD setempat menyewakan tenda dengan berbagai ukuran. Harga sewa per hari juga sangat terjangkau bagi wisatawan.

3. Cari Spot Foto untuk Instagram

Untuk spot foto Instagram, taman wisata Enrekang ini menawarkan ratusan spot foto untuk dijelajahi wisatawan. Wisatawan bisa berfoto di berbagai tempat menarik dengan latar belakang pegunungan hijau alami yang sangat menawan.

Belum lagi gugusan perbukitan dengan pepohonan hijau yang terhampar dan langit biru di atas kepala, membuat foto-foto yang diambil di tempat ini terlihat seperti lukisan hidup.

Jika ingin foto dengan backdrop yang tidak biasa, para pendaki biasanya memilih untuk berkemah pada malam hari agar bisa mengambil foto sunrise di puncak saat subuh.

4. Keluar ke lapangan terbuka

Taman Wisata Mendatte sering dipilih oleh masyarakat setempat, termasuk lembaga pendidikan seperti sekolah, untuk acara di luar lokasi. Tempat wisata dengan lapangan yang luas namun asri merupakan tempat yang cocok untuk mengadakan kegiatan outdoor atau kegiatan di luar ruangan.

Taman wisata ini menawarkan berbagai aktivitas outdoor mulai dari mendaki bukit, lari dan lain sebagainya.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Mendatte Park Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Bahar Saing

Pihak pengelola kawasan wisata Mendatte Park telah menyediakan berbagai fasilitas. Fasilitas umum tersebut dibangun untuk memudahkan wisatawan mengunjungi lokasi wisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain kamar mandi umum, toilet, tempat parkir yang luas dan mushola.

Kawasan wisata ini juga memiliki banyak warung makan bagi pengunjung yang ingin menikmati berbagai kuliner. Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan beberapa spot foto khusus dengan latar belakang pemandangan alam yang indah di sekitar lokasi wisata.

Taman Mendett merupakan tempat wisata yang biasa digunakan untuk berkemah bersama keluarga dan teman. Berada di wilayah Enrekang Sulawesi Selatan, destinasi wisata ini dikelilingi oleh deretan pegunungan karst yang terbentang dari arah barat dan timur. Pengunjung dapat merasakan seperti berada di surga.

[ad_2]

gca-ER-

banner 728x90
  • Bagikan
banner 728x90