Buntu Gallang, Menikmati Panorama Alam yang Kaya Pesona di Enrekang

  • Bagikan

[ad_1]

Harga tiket: Rp5.000 Jam kerja: 24 jam, Alamat: Eran Batu, Kek. Buntu Batu, taksi. Enrekang, Sulawesi Selatan; Map: Pemeriksaan lokasi

Buntu Gallang merupakan objek wisata andalan berupa perbukitan yang dikelilingi lembah, gunung dan sungai, yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Sulawesi Selatan memang terkenal dengan berbagai lokasi dan atraksi wisata yang variatif dan menarik. Selain kawasan wisata Mendatte Park dengan pemandangan memukau khas film fantasi Hollywood, Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan juga memiliki kawasan wisata Buntu Gallang.

Di kawasan wisata ini mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah khas daerah pegunungan yang mengelilingi desa Eran Batu. Pegunungan hijau dengan pepohonan tinggi yang lebat menghiasi puncak objek wisata ini.

Kawasan wisata desa Eran Batu menarik banyak wisatawan, terutama wisatawan lokal yang ingin menikmati pemandangan alam terbuka. Bahkan, banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata tersebut pada malam hari untuk mengagumi indahnya pemandangan lampion trap di perkebunan warga.

Daya Tarik Buntu Gallang

Atraksi Jalan Buntu Gallang Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Obyek wisata Buntu Gallang merupakan salah satu tempat wisata unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Topografi kawasan ini sangat mendukung untuk kegiatan wisata, mulai dari lembah, perbukitan, gunung, sungai, dan diakhiri dengan hamparan sawah yang mengelilingi lokasi wisata.

1. Pemandangan alam pegunungan yang khas

Daya tarik utama Buntu Gallang adalah bentang alamnya yang menawan. Berada di ketinggian 890 hingga 2500 meter di atas permukaan laut (dpl), tempat wisata ini memiliki udara pegunungan yang sangat sejuk namun segar.

Bukit ini dikelilingi pegunungan, sungai dan hamparan hijau pertanian di bawahnya. Dari puncak pegunungan, terlihat jelas perkampungan di kaki gunung yang terhampar luas di ladang subur bawang merah.

Siapapun yang menyaksikan keindahan alam yang tampak di depan matanya pasti akan merasa sangat tenang dan nyaman.

2. Menikmati sunset dan sunrise dari atas bukit

Daya tarik yang ditawarkan tempat wisata di Kabupaten Enrekang ini adalah sunset dan sunrise yang mempesona. Wisatawan yang ingin melihat matahari terbenam di tempat ini bisa datang pada siang hari dan menunggu matahari terbenam muncul dalam foto.

Wisatawan yang menginap di hotel sekitar bukit wisata biasanya mengabadikan momen matahari terbit di pagi hari setelah sholat subuh di musala.

3. Nikmati kuliner khas Liangbai

Salah satu daya tarik Buntu-Gallang, selain pemandangan alamnya yang indah, tentu saja sajian kulinernya yang unik. Salah satu kuliner khas yang dimiliki tempat ini adalah kopi bermerek Liangbai Enrekang yang cukup terkenal.

Siapapun yang memiliki hobi minum kopi tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencoba kopi spesial Enrekang di tempat ini. Kopi Enrekang sendiri memiliki ciri khas berupa rasa coklat yang dominan. Kopi rasanya lebih manis daripada asam.

4. Kolam renang puncak

Daya tarik Buntu Gallang selanjutnya adalah kolam renang yang dibangun di atas puncak. Tak hanya berupa kolam renang, ternyata gedung yang terletak di bagian paling atas ini juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang cocok digunakan untuk pertemuan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di kolam pemandian Puncak adalah mushola, ruang pertemuan, kamar mandi atau toilet, dan tempat makan.

Selain itu, terdapat juga kolam renang untuk dewasa yang dikelilingi gazebo untuk bersantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk liburan keluarga. Cuaca yang sejuk akan membuat aktivitas refreshing menjadi lebih nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Buntu Gallang Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Buntu Gallang terletak di Desa Liangbai, Desa Wisata Eran Batu, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah mengingat lokasinya yang berada di pinggir jalan utama.

Wisatawan dapat berkunjung dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bahkan, kendaraan seperti minibus juga bisa menjangkau tempat ini karena ukuran jalan yang besar dan aspal yang mulus.

Dari Jalan Poros, Desa Eran Batu, lokasi wisata ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 5 menit dengan mobil. Obyek wisata ini terletak sekitar 4 km dari ibu kota kabupaten, Buntu Batu, atau 48 km dari ibu kota Kabupaten Enrekang.

Biaya masuk ke objek wisata

Sebenarnya tidak ada harga khusus untuk tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin mendaki ke puncak Buntu Gallang. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang digunakan.

Tarif parkir untuk kendaraan bermotor adalah Rp 5.000 per kendaraan. Sedangkan untuk roda empat Rp 10.000.

Aktivitas menarik di Buntu Gallang

Kredit Gambar: Google Maps Andy Sudianto

Wisatawan yang ingin menikmati liburan di Buntu Gallang memiliki beragam aktivitas yang dapat dilakukan selama berada di tempat wisata tersebut. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di objek wisata unggulan ini:

1. Berburu foto

Kegiatan penting yang tidak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata Buntu Gallang adalah berburu spot foto Instagram yang cantik. Pengelola objek wisata juga memahami kebutuhan pengunjung yang ingin berswafoto, oleh karena itu dibangun beberapa zona selfie.

Zona selfie memudahkan pengunjung untuk menemukan spot foto terbaik untuk mengabadikan momen. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan indah pegunungan hijau dengan hamparan langit biru.

2. Menyiapkan tenda

Banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata Buntu Gallang tidak hanya untuk menikmati pemandangan di siang hari, tetapi juga untuk menikmati pesona malam yang menakjubkan. Pada malam hari, wisatawan dapat mendirikan tenda kemah dan menikmati pemandangan desa yang mempesona.

Meski gelap, pemandangan dari lampu jebakan yang dipasang di lahan pertanian warga menciptakan kesan yang sangat elegan. Jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini, jangan lupa mengenakan jaket tebal karena suasana dingin pegunungan semakin terasa di malam hari.

3. Berenang di kolam renang

Puncak Buntu Gallang memiliki kolam renang dewasa yang bisa digunakan siapa saja. Di pagi hari, wisatawan bisa menikmati segarnya udara pegunungan sambil menikmati sejuknya suhu air di kolam.

Layanan yang tersedia di kawasan wisata

Objek Buntu Gallang Enrekang
Kredit Gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, telah dibangun beberapa fasilitas umum penunjang oleh pemerintah dan pemerintah daerah. Fasilitas pendukung pariwisata antara lain mushola, tempat makan, dan toilet umum.

Wisatawan muslim yang ingin berkunjung ke Buntu Gallang pada sore atau siang hari tidak perlu khawatir karena terdapat mushola yang bisa digunakan untuk sholat.

Terdapat banyak warung makan yang dikelola secara swadaya oleh warga yang berdiri di sekitar kawasan wisata untuk memudahkan wisatawan mencari makan dan minum.

galang puffin Kabupaten Enrekang yang terletak di Desa Liangbai merupakan destinasi wisata yang cocok untuk mengunjungi keluarga, teman atau pertemuan. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata tersebut juga cukup lengkap sehingga pengunjung dijamin akan merasa nyaman selama menghabiskan waktu di sini.

[ad_2]

gca-ER-

  • Bagikan