Kabupaten Sidoarjo ODF, Bukti Prestasi Program Sanitasi DR. Koen

  • Bagikan
Dr Koen Irianto Uripan (2 dari kiri) bersama tim Dinkes Kabupaten Sidoarjo
Dr Koen Irianto Uripan (2 dari kiri) bersama tim Dinkes Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo, Jejakjurnalis.com,- Kabupaten Sidoarjo tahun 2024 resmi menyandang status Open Defecation Free (ODF) setelah melalui proses panjang dalam menyadarkan prilaku masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan (BABS).

DR. Koen Irianto Uripan, salah seorang dibalik suksesnya Kabupaten Sidoarjo meraih gelar ODF, dan menjadi wilayah kabupaten/kota ketiga di Jawa Timur, yang berhasil didampinginya mendapat status ODF setelah Kota Surabaya dan Kabupaten Tuban pada tahun 2023.

Sebuah capaian prestasi luar biasa dari sang maestro bidang sanitasi yang telah berhasil membawa 3 kabupaten/kota di Jawa Timur dalam meraih status Open Defecation Free (ODF) dalam kurun waktu 2 tahun.

“Prestasi Kabupaten Sidoarjo yang meraih status ODF merupakan hasil kerja keras dan peran serta semua pihak mulai pemerintah desa, pemerintah daerah, puskesmas hingga masyarakat yang terlibat langsung di dalam upaya guna meningkatkan taraf kesehatan masyarakat,” ungkapnya pada hari Sabtu (01/06/2024).

Pendekatan holistik yang diterapkan DR. Koen melalui edukasi terkait arti penting sanitasi, hingga pelibatan aktif dari masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, menjadi kunci sukses sang maestro bidang sanitasi dalam merubah perilaku masyarakat.

DR. Koen bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo DR. Feni Apridawati S.KM, M. Kes. dalam acara Deklarasi Sidoarjo ODF
DR. Koen bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo DR. Feni Apridawati S.KM, M. Kes. dalam acara Deklarasi Sidoarjo ODF

Tidak hanya sekedar meningkatkan taraf kesehatan, tetapi juga cara memperbaiki kualitas hidup warga di daerah-daerah yang dibinanya.

Jiwa sosial yang kuat dan dedikasi yang tinggi terhadap kepentingan lingkungan dan masyarakat menjadi nilai tambah tersendiri sehingga berhasil membawa perspektif positif di dalam lingkungan tempat ia bekerja.

Banyak masyarakat yang tidak mampu telah merasakan sentuhan sosial dari DR. Koen. Tak segan ia memberi pelayanan dan jamban secara gratis sebagai bagian dukungan moral untuk peningkatan kesehatan menuju hidup bersih dan sehat.

Pencapaian Kabupaten Sidoarjo tersebut menjadi bukti nyata bahwa dengan niat baik dan kerja keras di bidang sanitasi, sangat mungkin untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat sesuai 5 pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Lingkungan (STBM).

“Harapan saya prestasi Kabupaten Sidoarjo ini dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk bisa mengikuti jejak suksesnya dalam rangka menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” pungkasnya.

DR. Koen Irianto Uripan sukses membawa Sidoarjo meraih status ODF. sebuah prestasi besar bagi semua pihak yang terlibat dalam program sanitasi serta perubahan prilaku masyarakat.

Teguh Marsianto

  • Bagikan