Personel Gabungan Amankan Jalur Tour de Panderman di Sidoarjo

  • Bagikan
Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan tim medis dikerahkan untuk mengamankan jalur balap sepeda Tour de Panderman 2024 di wilayah Sidoarjo.
Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan tim medis dikerahkan untuk mengamankan jalur balap sepeda Tour de Panderman 2024 di wilayah Sidoarjo.

Sidoarjo, Jejakjurnalis.com –  Personel gabungan sebanyak 300 orang dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan tim medis dikerahkan dalam rangka mengamankan jalur balap sepeda Tour de Panderman 2024 di wilayah Sidoarjo.

Kegiatan balap sepeda diadakan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Lomba digelar pada hari Sabtu, (8/6/2024) pukul 05.00 WIB diikuti 1.800 orang pembalap. Diberangkatkan dari Mapolda Jawa Timur.

Rute balap sepeda ini melewati beberapa kota yaitu, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, berakhir di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

Pengamanan maksimal adalah prioritas utama dalam kegiatan tersebut. Dengan tujuan memastikan jalur yang dilalui peserta tetap aman serta lancar. Hal itu karena panjangnya rute dan banyaknya wilayah yang dilalui.

Personel gabungan ditempatkan pada titik-titik strategis sepanjang rute. Mulai dari pertigaan Pabrik Paku Waru, Aloha, Perempatan Gedangan, TL Maspion Gedangan, Buduran, Layang Jenggolo, kawasan Alun-alun Sidoarjo, Candi, dan perlintasan rel kereta api Tanggulangin, hingga kawasan Porong.

Para peserta balap sepeda pada pukul 06.00 WIB, memasuki wilayah Sidoarjo. Guna mengakomodasi kelancaran dalam perjalanan, maka rekayasa lalulintas di berlakukan di beberapa titik.

Pembalap sepeda Tour de Panderman 2024 saat melintas di wilayah Sidoarjo.
Pembalap sepeda Tour de Panderman 2024 saat melintas di wilayah Sidoarjo.

Rekayasa lalu lintas ini bertujuan untuk meminimalkan gangguan dari pengguna jalan lain dan memastikan keselamatan pembalap sepeda Tour de Panderman 2024 yang tengah memacu sepedanya.

Kasi Humas Polresta Sidoarjo, Iptu Tri Novi Handono menyampaikan bahwa pengamanan menjadi prioritas utama. Tujuannya memastikan keamanan dan kelancaran jalur yang dilalui oleh para peserta balap sepeda.

“Alhamdulillah, ketika ribuan peserta lomba balap sepeda Tour de Panderman melintasi wilayah Sidoarjo sekitar pukul 06.00 WIB, semua bisa berjalan lancar dan aman,” ungkap Tri Novi

Kasi Humas Polresta Sidoarjo berterima kasih kepada masyarakat Sidoarjo yang telah turut memberikan dukungan dan partisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kehadiran warga sejak pagi hari yang antusias dipinggir jalan menanti peserta balap sepeda yang melewati wilayahnya menambah semarak acara ini.

Rohman, salah seorang warga Gedangan, yang ikut menonton, berharap jika acara seperti ini lebih sering diadakan. Selain sebagai hiburan, juga mempopulerkan kegiatan olahraga balap sepeda kepada masyarakat.

Keberhasilan dalam pengamanan lomba balap sepeda ini menunjukkan kerja sama yang baik antara berbagai instansi terkait dan masyarakat.

Dengan adanya pengamanan yang baik serta dukungan penuh dari masyarakat, diharapkan semua rangkaian acara Tour de Panderman 2024 dapat berlangsung sukses dan aman hingga selesai di Balai Kota Among Tani, Kota Batu.

 

Teguh

  • Bagikan