9 Mei 2024
BatuBerita DaerahHiburanTravel

Grand Opening Songgoriti Hot Springs

Jejakjurnalis.com19 Feb 2023, 00:40 WIB

 

Sekda Kabupaten Malang 
Dr Ir Wahyu Hidayat MM bersama  Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu 
Drs Arief Assidiq saat pengguntingan pita sebagai tanda grand opening 
Songgoriti Hot Spring
Relax, Refresh, Recharge )

Momen yg langka, dua pemerintahan di Malang Raya hadir bersama dan sepakat bersinergi membangun kawasan wisata terintegrasi di songgoriti secara bersama.

Momen ini terjadi di acara Grand Opening Songgoriti Hot Springs pada Sabtu, 18 Februari 2023. Ini sekaligus menjadi tonggak sejarah para tokoh masyarakat kota Batu yg mendukung Songgoriti menjadi kawasan wisata premium kembali.

Kabupaten Malang dan Kota Batu bersepakat bersinergi membangun dan mengembalikan kejayaan masa lalu Songgoriti.

Songgoriti adl kawasan wisata tujuan utama di kota Batu yg sudah lama terbengkalai. Padahal kawasan Songgoriti ini memiliki nilai historis yang cukup tinggi dari masa ke masa.

Dalam sambutan Grand Opening, Pendeta Roland yang sekaligus tokoh masyarakat di kota Batu menceritakan nilai historis Songgoriti. Mulai dari kisah pembangunan Candi Songgoriti di abad ke -9 yang dijadikan tempat ritual suci pembuatan keris para Empu di Jaman kerajaan Singosari. Juga diyakini Candi Songgoriti ini menyimpan banyak kisah romantisme antara Kenarok dan Kendedes.

Pendeta Roland juga menyatakan bahwa sumber air panas di Songgoriti ini hanya ada 2 di dunia. Salah satunya berada di Turki yang sudah diakui oleh UNESCO sbg lokasi heritage. Ini karena keunikan adanya 2 sumber mata air panas dan dingin yg bersebelahan di bawah Candi Songgoriti. Pendeta Roland berharap Songgoriti juga bisa masuk warisan Unesco seperti halnya di Turki.

Bambang Christianto, Wa. Direktur Utama PT Aljabar Jati Indonesia menyatakan pihaknya berkomitmen membangun kembali kawasan Songgoriti dengan berbagai konsep yg menarik dengan menggabungkan konsep ecological dan historical Songgoriti yg sangat menarik. Dalam hal ini pihaknya telah MOU dg PT WIKA.

Di dalam sambutan lainnya, Kadis Pariwisata kota Batu Arif As Sidiq mengucapkan selamat atas pembukaan Songgoriti Hot Springs di kawasan Songgoriti. Menurutnya, ini adalah tempat yg dinanti-nanti oleh masyarakat kota Batu khususnya warga Songgoriti. Tempat yg diharapkan memiliki banyak multiplier effect terutama untuk warga Songgoriti. Songgoriti Hot Springs juga diharapkan dapat meningkatkan gairah pariwisata di kota Batu sekaligus menambah PAD kota Batu.

Bupati Malang H Sanusi yg sedianya hadir namun mendadak ada kegiatan lain di Surabaya dalam hal ini diwakili oleh Sekda Kab Malang  Wahyu

Selanjutnya Wahyu membacakan sambutan tertulis dari Bupati Malang Sanusi yang menyatakan apresiasinya dan kebanggaannya bahwasannya kawasan Songgoriti resmi dibangun kembali dengan melibatkan sinergitas dua pemerintahan yakni Kota Batu dan Kabupaten Malang. Menurutnya, memang perlu dibangun sinergitas Malang Raya salam membangun ekosistem pariwisata. Hal ini supaya tidak saling menjadikan kompetitor diantara 3 wilayah yg berdekatan di Malang Raya ini.

Yang hadir dalam Grand Opening Songgoriti Hot Springs tersebut diantaranya para tokoh masyarakat seperti Pendeta Roland, P Petri, Dr Jeremy, Ibu Shinta, Kejaksaan Kabupaten Malang, Direktur Utama Jasa Yasa Kabupaten Malang, Kapolsek Batu dan Danramil kota Batu serta Sesepuh Songgoriti Embah Wiji. ( Wic )